Ariyanti, Rizky (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI SMKN 6 PANGKEP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
ARTIKEL_PENDIDIKAN AKUNTANSI_RIZKY ARIYANTI (NIM 1392041012).pdf Download (123kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif berbantuan media permainan Ular Tangga terhadap motivasi belajar siswa Akuntansi SMKN 6 Pangkep. Penelitian ini memiliki variabel bebas (X) yaitu pembelajaran kooperatif berbantuan media permainan Ular Tangga dan variabel terikat (Y) yaitu motivasi belajar Akuntansi. Populasi dalam penelitian merupakan keseluruhan siswa Akuntansi tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 84 orang. Sampel penelitian adalah siswa X-Akuntansi berjumlah 31 orang, penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan program Statistic Package for Social Science (SPSS). Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana, diperoleh persamaan Y = 3,259 + 0,724X artinya satu nilai pada pembelajaran kooperatif berbantuan media permainan Ular Tangga, akan menambah nilai variabel motivasi belajar Akuntansi sebesar 0,724. Koefisien determinasi (RSquare) = 0,434 artinya kemampuan variabel X dalam menjelaskan variabel Y memiliki pengaruh sebesar 43,40%, sedangkan 56,60% oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil Uji-t 0,001 < probabilitas 0,05 artinya X berpengaruh positif terhadap Y. Nilai thitung 4,719 > ttabel 1,699 artinya diterima dan ditolak, dengan kesimpulan “hipotesis penelitian diterima”. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Belajar Akuntansi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 03:56 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 03:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19495 |
Actions (login required)
View Item |