NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA FABEL MAKASSAR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP

Usman, Hasriani (2021) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA FABEL MAKASSAR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
4. Artikel Hasriani Usman.pdf

Download (446kB)

Abstract

The Value of Character Education in the Makassar Fable Story and Its Relevance to Indonesian Language Learning in Grade VII of Junior High SchooL ¹, Anshari², Kembong Daeng³ Pendidikan Bahasa, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar hasrianiusman@gmail.com ABSTRAK Hasriani Usman. 2021. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Fabel Makassar dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP”. (Dibimbing oleh Anshari dan Kembong Daeng). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai pendidikan karakter dalam cerita fabel Makassar dan relevansi nilai pendidikan karakter terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP. Data pada penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat penggalan dalam cerita fabel Makassar yang berbentuk tulisan, sedangkan sumber data dalam penelitian adalah berbentuk tulisan yang terdapat dalam buku Rupama (Cerita Rakyat Makassar) dan buku Makassaarsch Verhaal Van Makkoetanang Daeng Mannoentgtoengi. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita fabel Makassar, kemudian merelevansikan nilai pendidikan karakter terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, identifikasi dan analisis. Data dianalisis menggunakan reduksi, penyajian dan verifikasi data dengan tujuan pengkajian dan pendeskripsian permasalahan yang diteliti. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam ceita fabel Makassar mencakup nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Relevansi nilai pendidikan karakter dalam cerita fabel Makassar terhadap pembelajaran bahasa Indonesia adalah kesesuaian antara nilai pendidikan karakter dalam cerita fabel Makassar terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP. Sehingga cerita fabel Makassar dapat digunakan guru sebagai bahan referensi tambahan yang relevan dalam menunjang pembelajaran dan penanaman nilai pendidikan karakter di kelas VII SMP. Kata kunci : nilai pendidikan karakter, cerita fabel Makassar, pembelajaran bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:26
Last Modified: 17 Mar 2021 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19449

Actions (login required)

View Item View Item