PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN KONSELING BOARD GAME CAREER CARD SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGENALAN PROFESI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Hardiansyah, Hardiansyah (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN KONSELING BOARD GAME CAREER CARD SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGENALAN PROFESI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penulis : Hardiansyah Pembimbing I : Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons. Pembimbing II : Dr. Farida Aryani, M. Pd. ABSTRAK Penelitian ini mengembangkan media bimbingan konseling Board Game Career Card sebagai media pengenalan informasi profesi untuk siswa sekolah dasar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis kebutuhan Career Card sebagai media pengenalan profesi untuk siswa sekolah dasar?, (2) Bagaimana prototipe Career Card sebagai media pengenalan profesi untuk siswa sekolah dasar?, (3) Bagaimana validitas, kepraktisan, dan efektifitas dari Career Card sebagai media pengenalan profesi untuk siswa sekolah dasar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Mengetahui analisis kebutuhan Career Card sebagai media pengenalan profesi untuk siswa sekolah dasar, (2) Mengetahui prototipe Career Card sebagai media pengenalan profesi untuk siswa sekolah dasar?, (3) Mengetahui validitas, kepraktisan, efektifitas dari Career Card sebagai media pengenalan profesi untuk siswa sekolah dasar?. Penelitian ini menggnakan metode Research and Development (RnD) dengan model 4D (Define, Design, Development, Deseminate) dari Thiagrajan dengan hanya sampai pada tahapan development. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Pandang-pandang dengan subjek penelitian 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan media untuk mengetahui validitas media, angket respon guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan media untuk mengetahui kepraktisan media, dan Angket Pemahaman karir untuk mengetahui efektifitas penggunaan media. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Jadi hasil penelitian menunjukkan media Board Game Career Card dibuat dengan mengadaptasi permainan octet dengan mengintegrasikan jenis-jenis profesi, hasil analisis kebutuhan juga menunjukkan Board Game Career Card dibutuhkan oleh guru di sekolah dasar sebagai media pengenalan profesi, hasil uji juga menunjukkan media yang dikembangkan telah valid, praktis, serta efektif digunakan untuk layanan bimbingan karir di SD Inpres Pandang�pandang. Kata Kunci : Career Card, Media Bimbingan Konseling, Profesi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:18
Last Modified: 17 Mar 2021 03:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19446

Actions (login required)

View Item View Item