ANALISIS HASIL BELAJAR FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK NEGERI 1 BULUKUMBA

Chair, Ichwanul (2021) ANALISIS HASIL BELAJAR FOREHAND DALAM PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK NEGERI 1 BULUKUMBA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (283kB)

Abstract

THE IMPROVEMENT OF LEARNING OUTCOMES FOREHAND IN TABLE TENNIS THROUGH IMPLEMENTATION OF STUDENTS'AUDIO VISUAL MEDIA AT SMK NEGERI 1 BULUKUMBA ABSTRAK Ichwanul Chair. 2020. Analisis Hasil Belajar Forehand dalam Permainan Tenismeja Melalui Penerapan Media Audio Visual pada Siswa Kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Bulukumba. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Hj.Hasmyati dan Andi Mas Jaya AM). Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas(PTK).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar teknik forehand dalam permainan tenismeja melalui penerapan media audio visual. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bulukumba sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI TKJ I sebanyak 21 siswa. Penelitian ini menerapkan media audio visual dengan materi belajar forehand dalam permainan tenismeja. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan teknik pengambilan data keterampilan hasil belajar menggunakan instrumen lembar observasi sesuai dengan indikator pencapaian. Data hasil yang diperoleh pada siklus pertama yaitu terdapat 9 siswa pada kategori tuntas dengan persentase 42,86% sehingga pada siklus pertama dikatakan tidak tuntas . Hal ini disebabkan oleh faktor kurangnya konsentrasi siswa dan masih awam mengenai permainan tennis meja. Untuk siklus kedua terdapat 18 siswa pada kategori tuntas dengan persentase 85,71% sehingga dikatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa ada peningkatan hasil belajar teknik forehand siswa melalui penerapan media audio visual. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar yang meningkat yaitu dari 42,86% pada siklus 1 menjadi 85,71% pada siklus 2. Terjadinya peningkatan berdasarkan pemberian inovasi-inovasi selama proses pembelajaran. KATA KUNCI:Hasil Belajar, Teknik Forehand, Tenismeja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:02
Last Modified: 26 Mar 2021 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19418

Actions (login required)

View Item View Item