Pengaruh Model Pembelajaran Paired story telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar

Nurhaedah, Nurhaedah and Muslimin, Muslimin and Kamal, Andini (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Paired story telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3 (3). pp. 196-203. ISSN 2597-4440

[img] Text
JIKAP PGSD Vol,3. No,3. Tahun 2019.pdf

Download (373kB)
[img] Text
peer reviewer JIKAP Volume 3 Nomor 3 September 2019.pdf

Download (959kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/10216

Abstract

Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran model pembelajaran paired story telling di kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I, (2) gambaran keterampilan menulis karangan narasi siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I, dan (3) apakah model pembelajaran paired story telling berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I. Pendekatan yang dilakukan adalah kuantitatif jenis penelitian quasy eksperiment berbentuk non-equivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran paired story telling sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis karangan narasi. Jumlah populasi 93 siswa yaitu kelas Va sebanyak 46 siswa dan kelas Vb sebanyak 47 siswa. Sampel penelitian yaitu 75 siswa yang dilakukan dengan cara mengundi menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan rumus Slovin yang taraf kesalahannya 5%. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, gambaran model pembelajaran paired story telling berlangsung secara baik dikarenakan kategori persentase untuk setiap pertemuannya meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran paired story telling berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Paired story telling, Keterampilan menulis Karangan Narasi
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 14 Mar 2021 22:21
Last Modified: 14 Mar 2021 22:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19399

Actions (login required)

View Item View Item