PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI ELEKTRONIK ( STUDI PADA MAHASISWA FIS UNM )

Inayah, Riska (2021) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI ELEKTRONIK ( STUDI PADA MAHASISWA FIS UNM ). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
jurnal Riska Inayah.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Riska Inayah. 2020. “Persepsi Mahasiswa tentang Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Elektronik (Studi pada Mahasiswa FIS UNM)”. Skripsi Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Irsyad Dahri selaku Pembimbing I dan Nurharsyah Khaer Hanafie selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan, 1) Untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang perlindungan konsumen dalam transaksi elektronik 2) Untuk mengetahui faktor penghambat perlindungan konsumen dalam transaksi elektronik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu hasil wawancara dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Sedangkan data sekunder yaitu literatur seperti buku dan undang-undang maupun sumber lain yang berkaitan. Teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengetahuan mahasiswa terkait hak-hak selaku konsumen dalam transaksi elektronik ternyata tidak ketahui secara keseluruhan oleh mahasiswa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Adapun hak-hak yang hanya diketahui oleh mahasiswa yaitu a) Berhak untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan barang yang yang dijanjikan, b) Berhak untuk mendapatkan rasa aman, c) Berhak untuk mendapatkan pelayanan yang baik, d) Berhak untuk mendapatkan ganti rugi atas barang yang tidak sesuai yang dijanjikan, serta e) Berhak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan. 2). Faktor yang menghambat perlindungan terhadap konsumen dalam transaksi elektronik yaitu: a) Kurangnya pengetahuan mahasiswa akan hak-hak konsumen, b) Pelaku Usaha yang tidak melaksanakan kewajibannya, dan c) Kurangnya peran pemerintah dalam melakukan sosialisasi tentang perlindungan konsumen kepada masyarakat Kata Kunci : Persepsi, Mahasiswa, Transaksi Elektronik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Mar 2021 06:15
Last Modified: 09 Mar 2021 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19345

Actions (login required)

View Item View Item