KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE DRILL PADA MURID LOW VISION DI SLB A-YAPTI MAKASSAR

Pembimbing, Ayu Aryani (2021) KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE DRILL PADA MURID LOW VISION DI SLB A-YAPTI MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL AYUUUU.pdf

Download (641kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan menulis permulaan murid Low Vision pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB A-YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan menulis permulaan melalui Metode Drill pada murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan menulis permulaan pada murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar pada kondisi awal (Baseline 1/A1), 2) kemampuan menulis permulaan pada murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar pada kondisi selama perlakuan (Intervensi (B)). 3) kemampuan menulis permulaan pada murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar pada kondisi Setelah diberikan perlakuan (Baseline 2/A2), 4) kemampuan menulis permulaan pada murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar Sebelum dan Setelah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid Low Vision kelas IV di SLB A-YAPTI Makassar yang berinisial MAZ. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini : 1) Kemampuan menulis permulaan murid Low Vision di SLB A- YAPTI Makassar pada (Baseline 1/ A1) terdapat empat sesi dan memperoleh nilai yang sama termaksud dalam kategori sangat rendah, 2) kemampuan menulis permulaan murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar saat diberikan intervensi melalui metode Drill (intervensi/ B) kemampuan menulis termaksud dalam kategori sangat tinggi, 3) Kemampuan menulis permulaan murid Low Vision di SLB A- YAPTI Makassar setelah diberikan perlakuan (intervensi) melalui metode Drill (Baseline 2/ A2) kemampuan menulis mengalami perubahan atau peningkatan dibandingan kondisi baseline 1 (A1), 4) kemampuan menulis permulaan Subjek (MAZ) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan kondisi Baseline 1 (AI) ke kondisi intervensi (B) mendatar ke menaik, dan kondisi intervensi (B) ke kondisi baseline 2 (A2) menaik ke menurun, serta nilai yang diperoleh lebih menaik dibandingkan sebelum diberikan intervensi (Baseline 1 / A1). Kata kunci: Metode Drill, Kemampuan menulis permulaan, Low Vision

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Mar 2021 05:54
Last Modified: 03 Mar 2021 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19290

Actions (login required)

View Item View Item