Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Tematik SD N0.112 Inpres Bontomanai Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar

Hariska, Iis (2020) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Tematik SD N0.112 Inpres Bontomanai Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Ilmiahnya.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran tematik SD N0.112 inpres bontomanai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif deskriptif, jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang berlokasi di SD Negeri NO.112 Inpres Bontomanai Kecamatan Mangarabombang kabupaten Takalar. Prosedur Penelitian PTK yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) observasi, (2) dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik dengan ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I berada pada kategori rendah, sedangkan pada siklus II pencapaian ketuntasan kemampuan berpikir kritis berada pada kategori tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran tematik SD N0.112 inpres bontomanai kemacatan mangarabombang Kabupaten Takalar. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, Discovery Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Mar 2021 05:13
Last Modified: 03 Mar 2021 05:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19275

Actions (login required)

View Item View Item