Validasi Instrumen Penilaian Terintegrasi Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi

Ainun, Nur Aisyah (2021) Validasi Instrumen Penilaian Terintegrasi Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
2. DRAFT ARTIKEL NUR AISYAH AINUN 1614040011.pdf

Download (440kB)

Abstract

Validasi Instrumen Penilaian Terintegrasi Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi 1) Nur Aisyah Ainun, 2) Arsad Bahri, 3) Abd. Muis 1) Mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar 2) 3) Dosen Jurusan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar Email: 1) nuraisyahainunbaso@gmail.com 2) arsadbahri@unm.ac.id 3)abdmuismuhsen2@gmail.com ABSTRAK Jarangnya instrumen penilaian terintegrasi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif yang valid yang berdampak belum akuratnya evaluasi penilaian terhadap kompetensi kecakapan pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi produk yang dikembangkan berupa instrumen penilaian terintegrasi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif biologi sampai tahap validasi. Penelitian dan pengembangan (R & D) ini menggunakan model 4-D. Uji validitas produk instrumen penilaian terintegrasi didasarkan pada hasil penilaian dua dosen validator ahli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tahap validasi yaitu uji kevalidan yang diukur menggunakan instrumen validasi instrumen penilaian yang dibuat oleh peneliti dan diberikan kepada validator ahli untuk memvalidasi produk instrumen penilaian terintegrasi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk instrumen penilaian terintegrasi dengan skor rata-rata 4,41 berada dalam kategori valid. Produk berupa instrumen penilaian terintegrasi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif biologi bersifat valid. Kata Kunci: Instrumen penilaian terintegrasi, keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Mar 2021 05:32
Last Modified: 01 Mar 2021 05:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19234

Actions (login required)

View Item View Item