PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SDN NO. 09 ALLU TAROWANG KECAMATAN TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO

Agustina, Eka (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SDN NO. 09 ALLU TAROWANG KECAMATAN TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Eka Agustina (1647042022).pdf

Download (657kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di SDN No.09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran PKn?, (2) Bagaimanakah gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)? dan (3) Apakah terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) Gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran PKn, (2) Gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dalam bentuk desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas V. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 orang siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah anlisis data deskriptif dan dan analisis data inferensial. Hasil penelitian penunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran PKn kelas V SDN No. 09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto berada pada kategori sangat efektif, (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn mengalami peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas V SDN No.09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto berada pada kategori tinggi, (3) Terdapat pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN No. 09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:13
Last Modified: 01 Mar 2021 04:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19225

Actions (login required)

View Item View Item