MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI DENGAN PELATIHAN TARI PADA SISWA SMPN 6 LABAKKANG LABSCHOOL UNM

JUNIARTI, ARFADITA ARMAN (2020) MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI DENGAN PELATIHAN TARI PADA SISWA SMPN 6 LABAKKANG LABSCHOOL UNM. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL DITA.pdf

Download (463kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang (1) Bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler seni dengan pelatihan Tari Paduppa dan Tari Boda’ pada siswa kelas VIII SMPN 6 Labakkang Labschool UNM. (2) Bagaimana keaktifan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler seni selama pelaksanaan pelatihan Tari Paduppa dan Tari Boda’ SMPN 6 Labakkang Labschool UNM. Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta juga menggunakan metode Kuantitatif yaitu mengukur peningkatan kekatifan siswa dan penilaian dengan menggunakan aspek penilaian Psikomotorik yang meliputi Wiraga, Wirasa dan Wirama dan penilaian Kognitif yaitu daya ingat siswa selama proses pelatihan berlangsung. Hasil Penelitian: (1) Pada penelitian ini melalui 2 siklus dengan tahap-tahap sebagai berikut yaitu persiapan, di mana peneliti menyiapkan beberapa hal yang dapat membantu dalam melaksanakan pelatihan tari pada kegiatan esktrakurikuler. Kemudian, tahap pelaksanaan dengan memberikan materi mengenai ruang lingkup ekstrakurikuler terlebih dahulu yang dapat menjadikan siswa paham maksud dan tujuan diadakannya pelatihan tari pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 6 Labakkang Labschool UNM, langkah mengakhiri di mana apabila latihan sudah selesai, maka peneliti harus terus memberikan motivasi untuk siswa terus melakukan latihan. Dan yang terakhir tahap Penutup yaitu tahap perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang dilaksanakan oleh siswa dan memberikan latihan penenangan. (2) Pada penelitian ini menunjukkan hasil peningkatan keaktifan siswa pada Siklus I kehadiran siswa mencapai 62% pada pagi hari dengan materi Tari Paduppa dan 62% pada sore hari dengan materi Tari Boda’. Selanjutnya peneliti menilai dari aspek kekatifan siswa dimana pada siklus I keaktifan siswa mencapai 63%. Siswa masih belum mencapai standar ketentuan yang telah ditentukan oleh peneliti. Kemudian dilanjutkan pada Siklus II telah menunjukkan bahwa 88% siswa mampu menampilkan Tari Paduppa dan Tari Boda; sesuai dengan tekhnik gerak yang diajarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:01
Last Modified: 26 Mar 2021 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19219

Actions (login required)

View Item View Item