PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 166 LABURAWUNG KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG

Zhafirah, Liska (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 166 LABURAWUNG KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME).pdf

Download (372kB)

Abstract

ABSTRAK: Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan hasil belajar matematika. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang dengan materi operasi hitung pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa yaitu pada pencapaian siklus I, aktivitas guru berada pada kategori baik dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup sedangkan pada pencapaian siklus II, aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik. Hasil belajar pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 166 Laburawung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Kata kunci: model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:23
Last Modified: 25 Feb 2021 04:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19167

Actions (login required)

View Item View Item