PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI TUMBUHAN DENGAN TEKNIK PENSIL WARNA BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 BULUKUMBA

ZAHRAFILLA, ZAHRAFILLA (2020) PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI TUMBUHAN DENGAN TEKNIK PENSIL WARNA BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 BULUKUMBA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL HASIL PENELITIAN SKRIPSI ZAHRAFILLA-1681040003-dikonversi.pdf

Download (182kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan hasil karya siswa menggambar ilustrasi tumbuhan dengan teknik pensil warna siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bulukumba. Penelitian merupakan penelitian survey dengan analisis deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian adalah pada kelas VIII A dengan jumlah siswa 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran, sebagaimana yang terlihat pada RPP yang dibuat oleh guru adalah RPP yang memuat seluruh komponen-komponen tetapi berdasarkan instrumen penilaian kinerja guru seni budaya dalam merancang RPP, terdapat beberapa komponen yang masuk dikategorikan kurang karena hanya mencantumkan poin-poin penting tanpa adanya rincian dan penjelasan. (2) Pelaksanaan pembelajaran, merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan tiga kegiatan, yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (3) Penilaian pembelajaran telah sesuai dengan indikator atau tujuan pembelajaran yang ingin dicapai akan tetapi pemberian nilai oleh guru tidak selaras dengan kemampuan menggambar siswa. Berdasarkan pembahasan hasil analisis masih terdapat kekurangan, baik itu dari perencanaan, yang seharusnya membuat RPP dengan komponen-komponen yang lengkap untuk mamaksimalkan palaksanaan pembelajaran di dalam kelas dan lebih memperhatikan kondisi dan situasi yang sedang terjadi untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Saat pelaksanaan pembelajaran agar kiranya dapat dimaksimalkan baik itu dari pemberian materi maupun praktek, maupun pada penilaian yang dibuat oleh guru agar kiranya memberikan nilai berdasarkan hasil karya siswa sesuai dengan aspek-aspek penilaian yang ada dan memberikan nilai sesuai dengan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 Feb 2021 05:43
Last Modified: 24 Feb 2021 05:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19149

Actions (login required)

View Item View Item