PENINGKATAN EKONOMI KREATIF MELALUI PENGEMBANGAN PRODUK USAHA PEMBUATAN AKSESORIS PENGANTIN DI BORONG RAYA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR (STUDI EMPIRIS USAHA TEMBAGA BATUA)

SYAH, DIAN ISLAMIATI (2020) PENINGKATAN EKONOMI KREATIF MELALUI PENGEMBANGAN PRODUK USAHA PEMBUATAN AKSESORIS PENGANTIN DI BORONG RAYA KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR (STUDI EMPIRIS USAHA TEMBAGA BATUA). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

DIAN ISLAMIATI SYAH, 2020. “Peningkatan Ekonomi Kreatif Melalui Pengembangan Produk Usaha Pembuatan Aksesoris Pengantin di Borong Raya Kecamatan Manggala Kota Makassar (Studi Empiris Tembaga Batua)”. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I: Dr. Muh. Ihsan Said Ahmad, S.E., M.Si dan Pembimbing II: Muhammad Dinar, SE., M.S Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Ekonomi Kreatif Melalui Pengembangan Produk di Borong Raya Kota Makassar. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ekonomi kreatif melalui pengembangan produk Seperti yang diterapkan dalam usaha tembaga batua di Kota Makassar yaitu berada pada kuadran I, yaitu strategi mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Strategi agresif ini lebih fokus kepada strategi SO (Strenght-Opportunities), yaitu Memaksimalkan produksi aksesoris dengan berbagai varian, Mempertahankan keunikan produk agar dapat menguasai pasar, Mengembangan usaha dengan modal bantuan dari pemerintah ,Varian produk yang masih sangat dapat dikembangkan dengan mengikuti tren perkembangan pasar. Kata Kunci : Pengembangan produk, Ekonomi Kreatif, Strenght Weakness Opportunity Threat (SWOT).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:53
Last Modified: 23 Feb 2021 03:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19127

Actions (login required)

View Item View Item