PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 150 BAIBO, KECAMATAN MASALLE, ENREKANG

HUSNAINI, HUSNAINI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 150 BAIBO, KECAMATAN MASALLE, ENREKANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media Big Book terhadap peningkatan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 150 Baibo Kecamatan Masalle, Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Pada penelitian ini terdiri dari 3 tahapan berupa pretest, treatment, dan posttest. Subjek penelitian ini adalah pada siswa kelas III SDN 150 Baibo Kecamatan Masalle, Enrekang yang berjumlah 18 siswa, di mana siswa laki-laki berjumlah 9 dan siswa perempuan berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes keterampilan membaca siswa. Sedangkan analisis data yang digunakan untuk mengolah data adalah analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial.1) Proses pembelajaran dengan menggunakan media Big Book pada mata pelajaran bahasa Indonesia berjalan dengan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari keantusiasan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media Big Book. 2) Dari hasil observasi aktivitas siswa maupun guru mengalami peningkatan, di mana pada pertemuan pertama pencapaian kategori kurang baik dan pada pertemuan selanjutnya mencapai berkategori sangat baik. 3) Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media Big Book terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SDN 150 Baibo, Kecamatan Masalle, Enrekang. Dapat dilihat dari hasil analisis data pretest/posttest yaitu sighitung < 0.05. Kata kunci : Keterampilan Membaca, Big Book, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:42
Last Modified: 15 Feb 2021 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19082

Actions (login required)

View Item View Item