PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TENTANG SENI RUPA DUA DIMENSI UNTUK SISWA KELAS XII MAN 1 KOTA MAKASSAR

ADAWIYAH, NURWAHIDATUL S (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TENTANG SENI RUPA DUA DIMENSI UNTUK SISWA KELAS XII MAN 1 KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
1JURNAL NURWAHIDATUL ADAWIYAH.pdf

Download (620kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berbasis augmented reality tentang materi seni rupa dua dimensi untuk siswa kelas XII MAN 1 Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yang meliputi 4 tahapan yaitu: pendefinisian (define), pengembangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini hanya sampai pada proses pengembangan (develop) karena keterbatasan dana, waktu, dan tenaga. Prosedur pengembangan media pembelajaran meliputi tahap analisis permasalahan, pengumpulan materi dan pendukung materi, pemilihan media, penyusunan materi ajar, pengembangan media, validasi produk, dan penyempurnaan produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi materi dan angket validasi media. Hasil pengembangan media pembelajaran diketahui bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality yang dirancang menurut ahli materi termasuk kriteria “layak” baik dalam aspek kualitas materi maupun aspek kemanfaatan materi dan menurut ahli media termasuk kriteria “sangat layak” baik dalam aspek kualitas media, aspek penggunaan bahasa maupun aspek layout media. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat direkomendasikan sebagai salah satu media yang layak digunakan dalam pembelajaran seni rupa dua dimensi untuk siswa kelas XII MAN 1 Kota Makassar. Kata kunci: Pengembangan,Media Pembelajaran, Augmented Reality, seni rupa dua dimensi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:00
Last Modified: 26 Mar 2021 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19072

Actions (login required)

View Item View Item