Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba

Syawaluddin, Ahmad and Makkasau, Andi and Jamal, Ina Fitriyani (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3 (3). pp. 294-306. ISSN 2597-4440

[img] Text
jurnal JIKAP Vol,3. No,3. Tahun 2019.pdf

Download (769kB)
[img] Text
peer reviewer JIKAP PGSD vol 3 no 3 thn 2019.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://103.76.50.195/JIKAP/index

Abstract

Abstrak Penelitian ini menelaah tentang pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran IPS Kelas V di SDN 197 Sapolohe, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan (1) gambaran awal kebutuhan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran IPS Kelas V; (2) gambaran hasil pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran IPS Kelas V, dan (3) tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran IPS Kelas V di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), dengan model pengembangan borg & gall. Proses pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire pada mata pelajaran IPS melalui 8 tahap, yaitu Penelitian pendahuluan dan pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan produk, Uji validitas (uji ahli), Revisi I, Uji kelompok kecil, Revisi II, dan Produk akhir.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire pada mata pelajaran IPS berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 4,35, ahli media sebesar 3,8, praktisi pembelajaran (guru) sebesar 4,55 dan siswa sebesar 4,54 sehingga memperoleh rerata skor sebesar 4,31 dengan kategori sangat baik yang menunjukkan hasil bahwa media pembelajaran tersebut layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa Kelas V SDN 197 Sapolohe, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Lectora Inspire
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 12 Feb 2021 07:55
Last Modified: 09 Mar 2021 13:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19055

Actions (login required)

View Item View Item