Penerapan Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Summerize, Test (PQRST) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SD Negeri 110 Pinrang

Halik, Abdul and Maryam. M, St. and Hasrah, Nunu Nuruk (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Summerize, Test (PQRST) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SD Negeri 110 Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL NUNU NURUL HASRAH.pdf

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V UPT SD Negeri 110 Pinrang melalui metode pembelajaran PQRST. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan selama 2 siklus diawali dengan kegiatan pra siklus kemudian masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase keberhasilan siswa peneliti menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar tiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 110 Pinrang tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 22 siswa. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II, diperoleh bahwa hasil ketuntasan belajar siswa sampai akhir pertemuan sudah mencapai harapan yang diinginkan. Berdasarkan hasil pengolahan data siswa kelas V diperoleh sebanyak 7 siswa mencapai tingkat ketuntasan minimal pada siklus I. Sedangkan sebanyak 17 siswa sudah mencapai tingkat ketuntasan minimal pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran PQRST dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V di UPT SD Negeri 110 Pinrang. Kata kunci: membaca pemahaman, metode PQRST, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Feb 2021 07:00
Last Modified: 10 Feb 2021 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19054

Actions (login required)

View Item View Item