PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES MINASA UPA 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SAPUTRA, ARWAN MAULANA (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES MINASA UPA 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. ARWAN..pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Eksperimen Design dengan bentuk One group pretest - posttest design dengan tujuan untuk mengetahui 1) Gambaran penerapan metode mind mapping pada pembelajaran IPS Kelas V SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. 2) Gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. 3) Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Eksperimen Design dengan bentuk One group pretest - posttest design. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling yaitu teknik sampling purposive dengan sampel kelas V B dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa. Kata Kunci : hasil belajar, metode mind mapping, mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:55
Last Modified: 10 Feb 2021 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19049

Actions (login required)

View Item View Item