Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology,Engineering, and Mathematics) : Eco Termos untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPT SDN 62 Pinrang.

Israwaty, Ila and Yulia, Yulia and Hasnawiah, Hasnawiah (2020) Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology,Engineering, and Mathematics) : Eco Termos untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPT SDN 62 Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL - Hasnawiah.pdf

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan pendekatan STEM pada materi pengaruh kalor dalam kehidupan dengan menggunakan Eco Termos di kelas V dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pengaruh kalor dalam kehidupan menggunakan Eco Termos melalui pendekatan STEM. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru dan siswa yang terdiri dari 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, terjadi peningkatan pada siklus II yaitu persentase hasil belajar berada pada kategori baik dan telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan STEM dan Eco Termos dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar pada materi pengaruh kalor dalam kehidupan di kelas V UPT SDN 62 Pinrang. Kata kunci: Pendekatan STEM, Eco Termos ,Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:52
Last Modified: 10 Feb 2021 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19047

Actions (login required)

View Item View Item