PENGARUH PEMBERLAKUAN PERLINDUNGAN HAK ANAK TERHADAP GURU DALAM MEMBERIKAN HUKUMAN (Punishment) PADA SISWA SD GUGUS V KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG

Wardani, Nurul Kusuma (2020) PENGARUH PEMBERLAKUAN PERLINDUNGAN HAK ANAK TERHADAP GURU DALAM MEMBERIKAN HUKUMAN (Punishment) PADA SISWA SD GUGUS V KECAMATAN LALABATA KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
4 ARTIKEL NURUL KUSUMA WARDANI 1647242003.pdf

Download (493kB)

Abstract

Rumusan Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Pemberlakuan Perlindungan Hak Anak terhadap Guru dalam memberikan Hukuman (punishment) Pada Siswa SD Gugus V Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberlakuan perlindungan hak anak terhadap guru dalam memberikan hukuman (punishment) pada siswa SD Gugus V Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Jenis Penelitian adalah model korelasional bersifat ex post facto. Data penelitian diperoleh melalui angket. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru SD yang ada pada Gugus V Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Sampel dalam penelitian berjumlah 48 guru dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberlakuan Perlindungan Hak Anak di Gugus V Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng termasuk dalam kategori baik. Guru telah memahami dan memenuhi hak-hak anak, guru dalam Memberikan Hukuman (punishment) pada Siswa SD di Gugus V Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng termasuk dalam kategori tinggi artinya guru berhati-hati dalam memberikan hukum (punishment) dan sadar akan konsekuensi jika hukuman (punishment) tidak sesuai dengan kesalahan yang dilakukan siswa dan terdapat hubungan yang signifikan antara Pemberlakuan Perlindungan Hak Anak dengan Terhadap Guru dalam Memberikan Hukuman (Phunishment) pada Siswa SD di Gugus V Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada terdapat pengaruh antara Pemberlakuan Perlindungan Hak Anak dengan Terhadap Guru dalam Memberikan Hukuman (Phunishment) pada Siswa SD Gugus V Kecamatan Lalabata Kabupaten sehingga kedua variabel saling berpengaruh dan berhubungan. Kata Kunci : Pemberlakuan Perlindungan Hak Anak, Hukuman (punishment)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 04 Feb 2021 06:12
Last Modified: 04 Feb 2021 06:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19011

Actions (login required)

View Item View Item