PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN PAPAN PASIR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB NEGERI 1 GOWA

HANDAYANI, HANDAYANI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN PAPAN PASIR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB NEGERI 1 GOWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
HANDAYANI 1645040012 (JURNAL).pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan hasil belajar murid tunagrahita ringan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis permulaan di SLB Negeri 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah kemampuan menulis permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri 1 Gowa sebelum diberi intervensi, (2) bagaimanakah kemampuan menulis permulaan selama diberi intervensi, (3) bagaimanakah kemampuan menulis permulaan setelah diberi intervensi, (4) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis permulaan berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum ke selama diberi intervensi dan dari kondisi selama diberi intervensi ke setelah diberi intervensi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan menulis permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri 1 Gowa sebelum diberi intervensi, (2) kemampuan menulis permulaan selama diberi intervensi, (3) kemampuan menulis permulaan setelah diberi intervensi, (4) peningkatan kemampuan menulis permulaan berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum ke selama diberi intervensi dan dari kondisi selama diberi intervensi ke setelah diberi intervensi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid tunagrahita ringan kelas III berinisial MF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan disain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) kemampuan menulis permulaan subjek MF sebelum diberi intervensi sangat kurang berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) kemampuan menulis permulaan subjek MF selama diberi intervensi meningkat ke kategori baik sekali dilihat dari analisis dalam kondisi intervensi (B), (3) kemampuan menulis permulaan subjek MF setelah diberi intervensi meningkat ke kategori baik dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), (4) peningkatan kemampuan menulis permulaan subjek MF berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberi intervensi kemampuan murid sangat kurang, meningkat ke kategori baik sekali selama diberi intervensi, dan dari kategori baik sekali pada kondisi selama diberi intervensi menurun ke kategori baik setelah diberikan intervensi, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek MF lebih baik dibandingkan sebelum diberi intervensi. Dengan demikian kemampuan menulis permulaan murid setelah diberi intervensi tetap dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi. Kata kunci: kemampuan menulis permulaan, papan pasir, tunagrahita ringan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Feb 2021 07:21
Last Modified: 03 Feb 2021 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19001

Actions (login required)

View Item View Item