PENGEMBANGAN APLIKASI INVENTORI GAYA BELAJAR (IGB) BERBASIS ANDROID BAGI SISWA SMA DI KABUPATEN BANTAENG

IRMAWATI, IRMAWATI (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI INVENTORI GAYA BELAJAR (IGB) BERBASIS ANDROID BAGI SISWA SMA DI KABUPATEN BANTAENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL IRMA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang Aplikasi Inventori Gaya Belajar (IGB) berbasis Android bagi Siswa SMA di Kabupaten Bantaeng. Masalah utama dalam penelitian ini adalah siswa tidak mengetahui gaya belajar yang dimiliki serta di sekolah guru BK tidak memiliki jam khusus BK didalam kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yaitu pengembangan Aplikasi Inventori Gaya Belajar (IGB) berbasis Android bagi Siswa SMA di Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu inovasi dalam media bimbingan dan konseling di sekolah berbasis teknologi agar memudahkan dalam pelaksanaannya serta ikut dalam perkembangan teknologi. Model penelitian pengembangan yaitu model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti. Subyek penelitian terbagi atas subyek ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survey melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi terhadap data kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan diselesaikan dengan dua kali tahap uji, yaitu uji ahli (validasi ahli) dan uji kelompok kecil, serta satu kali tahap revisi meliputi; revisi berdasarkan uji ahli dan revisi berdasarkan uji kelompok kecil.revisi dilakukan meliputi beberapa aspek yaitu aspek isi materi, aspek isi media dan aplikasi, kegunaan, kelayakan dan ketepatan serta kebermanfaatan aplikasi IGB bagi siswa. Berdasarkan uji ahli materi bimbingan dan konseling uji ahli media dan desain Pembelajaran serta uji Praktisi mendapatkan penilaian skala penelitian yang berada dalam kategori sangat valid. Aplikasi inventori gaya belajar (IGB )pada uji keberterimaan berada pada kategori sangat tinggi produk dinyatakan dapat digunakan dan dilaksanakan. Dengan demikian, Aplikasi Inventori Gaya Belajar (IGB) berbasis Android yang dikembangkan dikatakan layak, diterima dan dapat digunakan bagi Siswa SMA di Kabupaten Bantaeng. Kata Kunci : Aplikasi Inventori Gaya Belajar (IGB), Android.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Feb 2021 07:10
Last Modified: 03 Feb 2021 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18998

Actions (login required)

View Item View Item