PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 50 JALING KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE

Meinarti, Ulfiami (2020) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 50 JALING KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Skripsi Ulfiami Meinarti Pdf.pdf

Download (98kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen menggunakan Pre-Eksperimental (Pra-Eksperimental) yang bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan berbicara siswa sebelum dan setelah menggunakan model cooperative laeraning tipe jigsaw serta apakah ada pengaruh model cooperative learning tipe jigsaw terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 50 Jaling Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.Variabel bebas dalam penelitian adalah Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw sedangkan variabel terikatnya yaitu keterampilan berbicara siswa Sampel dalam penelitian berjumlah 16 siswa menggunakan sampling jenuh.Data diperoleh melalui tes (pretest dan posttest). Data dianalisis menggunakan analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw berada pada kategori cukup, dan keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw berada pada kategori sangat baik,sertaterdapat pengaruh modelcooperative learning tipe jigsaw terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD 50 Jaling Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Kata kunci:: Keterampilan Berbicara, Model Cooperative Learning tipe Jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:22
Last Modified: 03 Feb 2021 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18985

Actions (login required)

View Item View Item