PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA SD NEGERI 90 MATTUMPU KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI

Wahyuni, Awaliah (2020) PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA SD NEGERI 90 MATTUMPU KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Skripsi Awaliah Wahyuni Pdf.pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends dalam meningkatkan sikap percaya diri siswa SD Negeri 90 Mattumpu, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III, IV, V dan VI SD Negeri 90 Mattumpu, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, dengan jumlah 4 orang guru. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends efektif dalam meningkatkan sikap percaya diri siswa, hal tersebut berdasarkan respon siswa saat belajar dengan diterapkan model tersebut. Ada perbedaan sebelum diterapkan dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends, siswa merespon postif penerapan model pembelajaran tersebut, siswa lebih aktif dan juga antusias dalam belajar jika pembelajaran dilakukan dengan bervariasi. Guru juga harus memahami dan menguasai langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends sebelum menerapkannya. Menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends dalam meningkatkan sikap percaya diri siswa sudah tepat karena memberikan dampak yang positif pada peningkatan sikap percaya diri siswa, terlihat dari respon siswa yang lebih aktif dan bersemangat mengikuti pelajaran. Kata Kunci: Persepsi guru, model pembelajaran Time Token Arends, sikap percaya diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:56
Last Modified: 02 Feb 2021 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18978

Actions (login required)

View Item View Item