USING CRITICAL THINKING METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT (A Classroom Action Research at the General Class of My Liberty IES Makassar)

Muttalib, Abdul (2020) USING CRITICAL THINKING METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT (A Classroom Action Research at the General Class of My Liberty IES Makassar). S2 thesis, UNIVERSITAN NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Articel thesis thalib.pdf

Download (563kB)

Abstract

ABDUL MUTTALIB, 2020. Menggunakan metode Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca pada Teks Naratif.(Peneltian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas General My Liberty IES Makassar). Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Kisman Salija and Maemuna Muhayyang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa terutama pemahaman membaca menggunakan Metode Berpikir Kritis. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai teknik yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Menggunakan tes menulis dan lembar observasi sebagai instrumen. Jumlah subjek penelitian adalah 15 siswa di Kelas General. Hasilnya menunjukkan bahwa D-Test siswa dalam keterampilan membaca adalah 1,65 menjadi 2,55 pada siklus I, dan setelah revisi padas siklus II skor ratarata adalah 3,35 dengan menerapkan metode berpikir Kritis. kriteria ketuntasan minimum (KKM) adalah 2,67 sedangkan pada siklus I, ada 9 (60%) siswa mendapat nilai wajar, 5 (33.33%) siswa mendapat nilai bagus dan 1 (6.67%) siswa mendapat skor sangat baik berarti bahwa siswa tidak mendapatkan skor kriteria ketuntasan minimum (KKM). Pada siklus II terdapat 1 (6.67%) siswa mendapat nilai wajar, 7 (46.67%) siswa mendapat nilai baik dan 7 (46.67%) siswa mendapat nilai sangat baik, Artinya 14 (93,33%) siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan 1 (6.67%) siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Berdasarkan temuan penelitian dari siklus I dan II bahwa penggunaan metode Berpikir Kritis dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam teks Naratif. Kata kunci: Berfikir Kritis, Pemahaman Membaca, Teks Narasi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Feb 2021 02:37
Last Modified: 02 Feb 2021 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18964

Actions (login required)

View Item View Item