EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI STEM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 8 WAJO

Asriani, Asriani (2021) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI STEM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 8 WAJO. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel ASRIANI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Artikel ASRIANI.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM pada peserta didik kelas XII SMAN 8 Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-ekperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini melibatkan satu kelas ekperimen, yakni kelas XII.MIPA1 yang terdiri dari 30 peserta didik yang dipilih dengan Teknik cluster random sampling. Kelas tersebut diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar angket respons peserta didik. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif: 1) Hasil belajar matematika peserta didik setelah penerapan model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM, rata-rata skor post-test lebih baik dari rata-rata skor pre-test, rata-rata skor post-test adalah 83,27 > KKM, peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) peserta didik signifikan dan berada pada kategori tinggi dan hasil belajar matematika peserta didik mencapai ketuntasan klasikal, yakni 83%; 2) aktivitas peserta didik dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM berada pada kategori aktif; 3) respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM berada pada kategori positif, dan secara inferensial: 1) hasil belajar matematika peserta didik setelah penerapan model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM lebih besar dari 75, gain ternormalisasi atau peningkatan hasil belajar matematika peserta didik lebih besar dari 0,30 dan ketuntasan klasikal hasil belajar matematika peserta didik lebih besar dari 70%; 2) skor respon peserta didik dalam pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM lebih besar dari 2,50. Berdasarkan kriteria keefektifan, secara umum penerapan model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM efektif pada peserta didik kelas XII SMA Negeri 8 Wajo. Kata Kunci: Efektivitas, Model pembelajaran berbasis proyek, Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:22
Last Modified: 01 Feb 2021 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18956

Actions (login required)

View Item View Item