PENGARUH KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA, KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP AL IMAN ULUALE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Putra, Nur Eka (2021) PENGARUH KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA, KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP AL IMAN ULUALE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKLE TESIS_NUR EKA PUTRA.pdf

Download (540kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecemasan belajar matematika, kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakan Pendekatan Ex-Post Facto. Adapun populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 192 peserta didik yang berasal dari enam kelas VIII SMP Al Iman Uluale.. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh 64 peserta didik yang dijadikan responden dalam penelitian ini. teknik pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan teknik angket dengan memberikan lembar angket kecemasan belajar matematika, lembar angket kecerdasan emosional dan lembar angket motivasi belajar serta menggunakan teknik tes dengan memberikan tes hasil belajar matematika berupa soal pilihan ganda dan soal essay. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan analiais regresi linear berganda untuk menjawab hipotesis yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel tingkat kecemasan belajar matematika pada kategori sedang; 2) Tingkat kecerdasan emosional berada pada kategori tinggi; 3) tingkat motivasi belajar dalam kategori tinggi; 4) hasil belajar aspek kognitif kategori tinggi; 5) hasil belajar aspek keterampilan pada kategori tinggi; 6) Kecemasan belajar matematika, kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif; 7) Kecemasan belajar matematika, kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan peserta didik; 8) Kecemasan belajar matematika berpengaruh negatif terhadap hasil belajar kognitif; 9) Kecemasan belajar matematika berpengaruh negatif terhadap hasil belajar keterampilan peserta didik; 10) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik; 11) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap hasil belajar keterampilan peserta didik; 12) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik; 13) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar keterampilan peserta didik kelas VIII SMP Al Iman Uluale Kata Kunci: pengaruh, kecemasan belajar matematika, kecerdasan emosional, motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:05
Last Modified: 01 Feb 2021 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18952

Actions (login required)

View Item View Item