Kontribusi kedisiplinan guru mata pelajaran PKn dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Hang Tuah Makassar

Rahman, Asriyati (2014) Kontribusi kedisiplinan guru mata pelajaran PKn dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Hang Tuah Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ASRIYATI RAHMAN.doc

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Asriyati Rahman 2015. Kontribusi kedisiplinan guru mata pelajaran PKn dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Hang Tuah Makassar.Skripsi.Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.Fakultas Ilmu Sosial.Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada hubungan positif antara kedisiplinan guru mata pelajaran PPKn dengan peningkatkan motivasi belajar peserta didik (2) faktor-faktor penghambat kedisiplinan guru mata pelajaran PKn dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Hang Tuah Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik di SMP Hang Tuah Makassar yang berjumlah 380 peserta didik sehingga dilakukan penarikan sampel dengan menggunakan teknik proportional Random Sampling dan mengambil paralel setiap kelasnya sehingga jumlah sampel 38 peserta didik dan 2 guru mata pelajaran PKn . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : angket, wawancara dan dokumetasi. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment. Dari analisi uji hipotesis melalui rumus korelasi product moment dari Pearson, bahwa ada hubungan positif antara kedisiplinan guru mata pelajaran PKn dengan peningkatan motivasi belajar peserta didik di SMP Hang Tuah Makassar. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,496 kemudian dikonsultasikan dengan harga r tabel pada taraf signifikan α = 5 % dengan ketentuan jika r hitung> r tabel pada taraf signifikan α=5% maka hipotesis diterima.sebaliknya jika r hitung<dari r tabel pada signifikan α = 5% maka hipotesis ditolak. Adapun hasil perhitungan tabel pada taraf siknifikan α = 5% menghasilkan r hitung = 0,496 sedangkan r tabel = 0,312 . karena, r hitung > r tabel , maka hipotesis yang diajukan di terima. Berarti H0 ditolak dan H1 diterima .artinya ada hubungan positif antara kedisiplinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Hang Tuah Makassar. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan guru mata pelajaran PKn dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik antara lain : (a) jarak tempat tinggal guru yang jauh dari rumah, (b) Pemberian hukuman bagi bagi guru yang terlambat (c) pemberian hukuman kepada peserta didik (d) tidak adanya persiapan perangkat pembelajaran guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 06:35
Last Modified: 13 Jan 2017 06:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item View Item