EFEKTIVITAS BELAJAR MENENDANG BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS VII.A SMP HANG TUAH MAKASSAR

Azhari Amin, Azhar (2020) EFEKTIVITAS BELAJAR MENENDANG BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS VII.A SMP HANG TUAH MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAN NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JOURNAL.pdf

Download (399kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hanya ada 3 siswa yang berada dalam kategori tuntas atau mencapai KKM dalam melakukan gerakan menendang bola pada permainan sepakbola, dengan nilai KKM 75. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang adalah apakah dengan melalui modifikasi alat bantu bola plastik dapat meningkatkan efektivitas belajar menendang bola pada permainan sepakbola siswa kelas VII.A SMP Hang Tuah Makassar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas belajar menendang bola pada permainan sepakbola melalui modifikasi alat bantu bola plastik pada siswa kelas VII.A SMP Hang Tuah Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai empat langkah yaitu: perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Hang Tuah Makassar yang berjumlah 25 siswa, terdiri atas 17 siswa putra dan 8 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil pengamatan menunjukkan bahwa hasil belajar menendang bola siswa kelas VII.A SMP Hang Tuah Makassar dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan secara signifikan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 44% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas belajar menendang bola pada permainan sepakbola melalui modifikasi alat bantu bola plastik dapat meningkatkan hasil belajar menendang bola siswa kelas VII.A SMP Hang Tuah Makassar. Kata Kunci: keterampilan menendang bola, modifikasi alat bantu bola plastik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:09
Last Modified: 23 Dec 2020 03:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18804

Actions (login required)

View Item View Item