Basir, Nur Azizah Islamiah (2020) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK KELAS III DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
JURNAL-NUR AZIZAH ISLAMIAH BASIR.pdf Download (249kB) |
Abstract
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengungkapkan fakta berdasarkan yang dirasakan orangtua dan anak kelas III di SDN Sungguminasa II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran pola asuh orangtua kepada anak kelas III di SDN Sungguminasa II ,bagaimana gambaran kemandirian belajar pada anak kelas III di SDN Sungguminasa II ,apakah terdapat pengaruh pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar anak kelas III di SDN Sungguminasa II .Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola asuh orangtua sedangkan variabel terikatnya adalah kemandirian belajar anak kelas III di SDN Sungguminasa II. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 orangtua beserta anak kelas III di SDN Sungguminasa II,sedangkan sampelnya 30 orangtua beserta anak kelas III. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan instrument penelitian (Angket). Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai minimum angket pola asuh orangtua yaitu 68 dan maksimum 90 memiliki rata-rata 79,90 sedangkan kemandirian belajar yaitu nilai minimum 70 dan maksimum 105 memiliki rata-rata 87,17. Analisis statistik inferensial diperoleh sig.deviation from linearity = 0,261 lebih besar dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pola asuh orangtua mempengaruhi secara signifikan terhadap kemandirian belajar anak kelas III di SDN Sungguminasa II. Kata Kunci : Pola Asuh Orangtua,Anak,Kemandirian Belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 06:53 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 06:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18789 |
Actions (login required)
View Item |