ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. INDUSTRI KAPAL INDONESIA (PERSERO) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA)

ARSYAD, TRI UTAMI PUTRI (2020) ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. INDUSTRI KAPAL INDONESIA (PERSERO) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) berdasarkan metode Economic Value Added (EVA) untuk periode tahun 2013 sampai dengan tahun 2017. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yang juga merupakan sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan berupa laporan neraca dan laporan laba/rugi selama periode tahun 2013- 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan metode Economic Value Added (EVA) yang terdiri dari analisis NOPAT, Invested Capital, WACC, Capital Charge. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Economic Value Added (EVA) pada PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2017 menunjukkan nilai Economic Value Added (EVA) yang positif dimana nilai EVA > 0. Meskipun nilai Economic Value Added (EVA) tersebut menunjukkan angka yang berfluktuasi namun hal ini tidak menjadi masalah dan mempengaruhi penilaian Economic Value Added (EVA), yang artinya perusahaan berhasil memberikan nilai tambah ekonomis, dan harapan pemilik modal dapat terpenuhi dengan baik yaitu memperoleh pengembalian investasi lebih dari nilai yang diinvestasikan sebelumnya. Kata kunci: Net operating Profit After Tax (NOPAT), Invested Capital, Weighted Average Cost Of Capital (WACC), Capital Charges, Economic Value Added (EVA), Kinerja Keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:47
Last Modified: 16 Dec 2020 04:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18767

Actions (login required)

View Item View Item