Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Teori Elaborasi dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas X7 Madarasah Aliyah Negeri Pinrang

ARAS, IRIANTO (2015) Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Teori Elaborasi dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas X7 Madarasah Aliyah Negeri Pinrang. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
IRIANTO ARAS.doc

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK IRIANTO ARAS. Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Teori Elaborasi dengan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas X7 Madarasah Aliyah Negeri Pinrang (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Muhammad Darwis). Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana proses dan hasil pengembangan desain pembelajaran matematika berbasis teori elaborasi dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas X7 Madarasah Aliayah Negeri Pinrang yang berkualitas (valid, praktis, dan efektif)?”. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka jenis penelitian ini adalah penelitian desain tipe studi pengembangan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengikuti alur pengembangan yang dikemukakan oleh Nieveen, McKenney, & Van den Akker (2006) yang dipadukan dengan Model Desain yang dikemukakan Degeng (1997) serta kualitas suatu produk oleh Nieveen (2007) dengan tahapan: (1) preliminary Study (analisis tujuan dan karakter isi, analisis sumber belajar, analisis karakter siswa, dan analisis tujuan pembelajaran), (2) prototyping (menetapkan strategi pembelajaran, merancang desain pembelajaran, menyusun perangkat dan instrumen pembelajaran), (3) assessment phase (penilaian dan uji coba), (4) reflection systematic and documentation (refleksi terhadap hasil validasi dan ujicoba). Dari studi pendahuluan, dilakukan perancangan desain pembelajaran dan diperoleh cara membelajarkan siswa dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri atas: 1) penyajian kerangka isi, 2) memilih bagian materi dalam kerangka isi, (3) menyajikan materi pembelajaran (analisis, sintesis, abstraksi, dan generalisasi), 4) pemberian rangkuman internal, 5) pemberian lembar kerja siswa (mengamati, mengumpulkan informasi, menanya, menalar/mengasosiasikan, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan), 6) penyajian hasil kerja oleh siswa, dan 7) pemberian rangkuman eksternal (keseluruhan) di akhir pembelajaran. Dari desain tersebut, perangkat dan instrumen pendukung yang sesuai juga dibuat, kemudian divalidasi oleh ahli dan telah dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dan diujicobakan. Dari hasil ujicoba diperoleh bahwa respon siswa positif terhadap pembelajaran, aktivitas siswa berada pada kategori cukup aktif, kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori cukup baik, dan hasil belajar telah tuntas secara klasikal (86,7% siswa memperoleh nilai di atas 70 dari nilai ideal 100). Dengan demikian, desain pembelajaran berbasis teori elaborasi dengan pendekatan saintifik telah valid, praktis dan efektif berdasarkan kriteria yang ditentukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan pemikiran bagi guru maupun praktisi pendidikan matematika, sebagai salah satu cara membelajarkan siswa demi perbaikan kualitas pendidikan kelak. ABSTRACT IRIANTO ARAS. 2014. Development of Learning Design with Elaboration-based Theory of Mathematics by Employing Scientific Approach to Grade X7 Students at Madrasah Aliyah Negeri Pinrang (supervised by Nurdin Arsyad and Muhammad Darwis). The study aimed at discovering the process and the result of development of learning design with Elaboration-based Theory of Mathematics by employing scientific approach to grade X7 students at Madrasah Aliyah Negeri Pinrang which is valid, practical, and effective. Based on the objective, the study is a development research. The procedure of the study referred to Nieveen, McKenney & Van den Akker mixed by Degeng Model Design as well as the quality of a product by Nieveen with the following steps: (1) preliminary study, which analyzed the objective and content character, analysis of learning sources, analysis of students' character, and analysis of learning objective, (2) prototyping, which determined learning strategy, designed the learning, arranged the tools and learning instrument, (3) assessment phase (assessment and tryout, (4) reflection systematic and documentation (reflection toward the result of validation and tryout). In preliminary study, learning design was conducted and obtained the way students learn the lesson which consisted of several steps: (1) presentation of content framework (2) selection of part of material in content framework, (3) presentation of learning material (analysis, synthesis, abstraction, and generalization), (4) provision of internal summary, (5) provision of students' worksheet (observation, information collection, questioning, associating, conclusion, and communication), (6) presentation of students' work, and (7) provision of external summary (overall) a the end of learning. Based on the design, tools and supporting instrument were created, in terms of student's book, lesson plan, student's worksheet, observation sheet, questionnaire of students' response, and test of learning result. Then they were validated by the experts and were declared as valid and feasible to be used and tried out. The result based on the tryout were the students' response was positive on learning, students' activity was in fairly active category, teachers' competence in managing the learning was in fairly good category, and learning result was complete classically (86.7% students obtained above 70 from the ideal 100). Thus, elaboration-based theory learning design by employing scientific approach was valid, practical, and effective based on set criteria. The study was expected to give contribution for teacher as well as practitioners in education particularly mathematics as a way to improve the quality of education in the future.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 02:20
Last Modified: 13 Jan 2017 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1876

Actions (login required)

View Item View Item