PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD

Umar, Nurfadhilah (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL-NURFADHILAH UMAR-1647040005-PGSD.pdf

Download (282kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD ; (2) Mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa kelas IV SD ; (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Desain. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar matematika. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 30 siswa yang dipilih dengan menggunakan metode probability sampling yang dilakukan dengan cara simple random sampling.Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (IVA) dan kelas kontrol (IVB). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik nonparametrik yaitu uji wilcoxon signed ranks test dan uji mann whitney dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dengan penerapan pembelajaran konvensional. Hasil analisis uji mann whitney nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil Sig. (2-tailed) < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/80 Pammusureng Kecematan Bontocani Kabupaten Bone. Kata Kunci : Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction dan hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:53
Last Modified: 16 Dec 2020 02:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18746

Actions (login required)

View Item View Item