PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

ASMAN, ASMAN (2020) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL - ASMAN - 1592040008.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis terhadap hasil belajar akuntansi siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah pola asuh demokratis sebagai variabel bebas dan hasil belajar akuntansi sebagai variabel terikat. Populasinya seluruh siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar yang terdiri dari 414 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 80 siswa yang diambil secara acak dan proporsional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yang terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis yang terdiri atas analisis regresi linear sederhana, uji korelasi, koefisien determinasi dan uji-t dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25 for windows.Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y = 72,236 + 0,121X yang berarti pola asuh demokratis berpengaruh positif terhadap hasil belajar akuntansi yang mana tiap penambahan 1 nilai pola asuh demokratis, maka nilai hasil belajar akuntansi mengalami peningkatan sebesar 0,121. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,337 atau 33,7 persen yang berarti pola asuh demokratis memiliki pengaruh kepada hasil belajar akuntansi siswa sebesar 33,7 persen sedangkan sisanya 66,3 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti pola asuh demokratis berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa, dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci: Pola Asuh Demokratis, Hasil Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 07 Dec 2020 04:46
Last Modified: 07 Dec 2020 04:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18693

Actions (login required)

View Item View Item