Safitri, Maya (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VB SD INPRES MINASA UPA 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
ARTIKEL PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA K.pdf Download (332kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis pre eksperiment design yang bertujuan: (1)Untuk mengetahui gambaran model problem based learning; (2)Untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika; (3)Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VB SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model problem based learning, sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar, sedangkan sampelnya adalah kelas VB sebagai kelas yang digunakan dalam penelitian. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada pembelajaran matematika berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu Paired Sample T Test. Berdasarkan hasil analisis statistika inferesial diperoleh nilai probabilitas=0,000 lebih kecil dari α=0,05. Hal ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VB SD Inpres Minasa Upa 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran matematika, model problem based learning
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 03:02 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 03:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18651 |
Actions (login required)
View Item |