Pengaruh Penerapan Metode Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V SD Islam Athirah I Makassar

Amrah, Amrah and Sahabuddin, Erma Suryani and Mursyidin HM, Mursyidin HM (2020) Pengaruh Penerapan Metode Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V SD Islam Athirah I Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL MURSYIDIN HM 1647041005.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode storytelling terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Islam Athirah 1 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan metode storytelling, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Islam Athirah 1 Makassar sebanyak 120 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas V Al-Muhaimin sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 24 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode storytelling terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Islam Athirah 1 Makassar mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dari nilai posttest peserta didik berada pada kategori tinggi setelah diberikan perlakuan sedangkan nilai pretest berada pada kategori sedang sebelum di berikan perlakuan. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes keterampilan berbicara peserta didik berupa pre test dan post test. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai Sig. (2-tailed) dari hasil uji Paired Sample Test sebesar 0.000 nilai tersebut lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode storytelling memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Islam Athirah 1 Makassar. Kata Kunci: metode storytelling, keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:55
Last Modified: 02 Dec 2020 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18649

Actions (login required)

View Item View Item