EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Yulianda, Yulianda (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan efektivitas model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Negeri 4 Barru. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan menggunakan One Group PretestPostest. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMAN 4 Barru.. Sampel penelitian dipilih dengan tujuan tertentu (purposive sampling) yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sehingga diperoleh satu kelas yaitu kelas X MIA 1 yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest 82.21 lebih tinggi daripada nilai rata-rata posttest yaitu 57.47. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model guided inquiry memiliki nilai rata-rata berada pada kategori baik dan model pembelajaran guided inquiry cukup efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Negeri 4 Barru. Kata Kunci : model pembelajaran, guided inquiry, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Dec 2020 03:34
Last Modified: 01 Dec 2020 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18631

Actions (login required)

View Item View Item