RESPON GURU TERHADAP PRODUK BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS NILAI DENGAN MODEL MIND-MAPPING PLUS BAGI MURID KELAS AWAL SEKOLAH DASAR

Haling, Abd. and Rohana, Rohana and Halik, Abdul (2018) RESPON GURU TERHADAP PRODUK BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS NILAI DENGAN MODEL MIND-MAPPING PLUS BAGI MURID KELAS AWAL SEKOLAH DASAR. In: JURNAL KURIKULUM PENDIDIKAN , JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN KURIKULUM DAN PENDIDIKAN, OCTOBER 2016, Makassar, Indonesia.

[img] Text (JURNAL KURIKULUM PENDIDIKAN , JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN KURIKULUM DAN PENDIDIKAN)
JurnalKurikulum TekNologi Pendidikan b.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran respon guru terhadap bahan ajar tematik berbasis nilai dengan menggunakan model mind-mapping plus pada murid kelas awal sekolah dasar. Jenis penelitian adalah pengembangan (research and development) dengan prosedur kerja, yaitu: (1) pengumpulan informasi awal, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4)penilaian, (5) revisi produk, dan (6) penyebarluasan dan implementasi. produk bahan ajar yang telah mendapatkan kesahan dari pakar, selanjutnya dilakukan uji coba lapangan bagi calon pengguna untuk mengetahui respon guru terhadap produk bahan ajar. Aubjek penelitian adalah guru kelas awal yang berjumlah 15 orang, adapaun pengumpulan data dilakukan melalui angket. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunujukkan bahwa: respon guru berada pada kategori "sangat baik". Dengan demikian produk bahan ajar yang telah mendapat persetujuan pakar, sesuai kebutuhan guru sebagai calon pengguna. Dengan demikian produk bahan ajar tesebut "layak" digunakan pada sasaran penelitina, yaotu murid kelas awal sekolah dasar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN > PGSD
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Rohana rohana
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:53
Last Modified: 26 Mar 2021 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18601

Actions (login required)

View Item View Item