PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM UPAYA PEMENUHAN KEWAJIBAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus Kantor SAMSAT Makassar)

FADHILA, DIAN (2020) PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM UPAYA PEMENUHAN KEWAJIBAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus Kantor SAMSAT Makassar). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
20200131 JURNAL Dian Fadhila - Akuntansi 2014.pdf

Download (538kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak di SAMSAT Kota Makassar, (2) untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak di SAMSAT Kota Makassar, (3) untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, kualtas pelayanan, dan sanksi perpajakan secara dominan terhadap kepatuhan wajib pajak di SAMSAT Kota Makassar. Variabel penelitian ini adalah: (1) kesadaran wajib pajak (X1), (2) kualitas pelayanan (X2), (3) sanksi perpajakan (X3) sebagai variabel independen yang diukur dengan menggunakan angket dan (4) variabel dependen adalah kepatuhan wajib pajak (Y) yang diukur dengan menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah kendaraan yang membayar pajak di SAMSAT Kota Makassar dan sampelnya adalah data wajib pajak terbaru SAMSAT Kota Makassar tahun 2017/2018. Sampel diambil menggunakan rumus slovin dan menghasilkan 100 orang wajib pajak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji instumen, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji koefisien regresi dengan Software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan variabel kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, secara parsial kesadaran wajib pajak, dan sanksi perpajakan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib dan Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, variabel kualitas pelayanan berpengaruh dominan dibandingkan variabel kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 27 Nov 2020 05:51
Last Modified: 27 Nov 2020 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18587

Actions (login required)

View Item View Item