MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 10/73 ARALLAE KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE

Nasaruddin, Nasaruddin (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 10/73 ARALLAE KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE. Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 5 (3). pp. 247-251. ISSN 2088-2092

[img] Text
Jurnal Publikan.pdf

Download (162kB)
[img] Text
peer reviewer Publikan vol. 5 no. 3, sept 2015.pdf

Download (606kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/pubpend/index

Abstract

Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan dalam memahami pokok bahasan perubahan energi gerak dan untuk mengetahui hasil belajar perubahan energi gerak melalui pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 10/73 Arallae. Adapun hipotesis dalam penelitian ini yaitu jika menggunakan pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 10/73 Arallae akan meningkat. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pengamatan, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif. Hasil penggunaan pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD yaitu dapat mempermudah siswa dalam memahami materi perubahan energi gerak dan dapat meningkatkan hasil belajar perubahan energi gerak pada siswa kelas IV SDN 10/73 Arallae.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, STAD
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 25 Nov 2020 23:21
Last Modified: 28 Jan 2021 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18566

Actions (login required)

View Item View Item