Analisis Kemampuan Guru PPKn Dalam Menyusun Soal HOTS(Higher Order Thinking Skills) Di UPT Satuan Pendidikan SMP Negeri 5 Mandai, Kabupaten Maros

Mudrikah Ms, Mudrikah Ms (2020) Analisis Kemampuan Guru PPKn Dalam Menyusun Soal HOTS(Higher Order Thinking Skills) Di UPT Satuan Pendidikan SMP Negeri 5 Mandai, Kabupaten Maros. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (491kB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengetahuan guru UPT Satuan Pendidikan SMPN 5 Mandai terhadap penyusunan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills); (2) Faktor Yang Mempengaruhi Guru Dalam Menyusun Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills ) dan (3) Upaya guru UPT Satuan Pendidikan SMPN 5 Mandai dalam menyusun soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan sumbernya, jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari metode wawancara, dokumen dan angket terhadap guru aktif UPT Satuan Pendidikan SMPN 5 Mandai. Sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari literatur seperti buku dan sumber lainnya yang berkaitan. pengolahan data dan peyajian data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS pada UPT Satuan SMPN 5 Mandai dari 3 guru terdapat 2 guru yang diteliti memiliki kemampuan yang masih rendah dalam memahami dan menerapkan kriteria-kriteria HOTS dalam menyusun instrumen soal. 2). Faktor yang menjadi kendala dalam menyusun soal HOTS adalah terletak pada kemampuan guru dalam mengetahui dan memahami kriteria soal HOTS dan terkendala atau kesulitan dalam mengimplementasikan kriteria soal HOTS keinstrumen soal yang mereka susun , terutama dalam menyusun stimulus soal HOTS, selanjutnya kendala tersebut juga terdapat pada kemampuan peserta didik dalam menjawab atau menganalisis soal karena kemampuan peserta didik pada UPT Satuan Pendidikan SMPN 5 Mandai masih rendah 3). Upaya yang dilkukan oleh guru Pkn dalam membuat atau menyusun soal HOTS adalah mengikuti pelatihan-pelatihan penyusunan soal di forum MGMP, disamping itu, juga dilakukan pembimbingan oleh teman sejawab bagi guru Pkn yang sudah mengikuti pelatihan soal HOTS secara khusus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 Nov 2020 06:17
Last Modified: 25 Nov 2020 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18543

Actions (login required)

View Item View Item