RE-FORMULASI KOMPETENSI PENDIDIKAN KEJURUAN MASA DEPAN

Hasanah, Hasanah (2011) RE-FORMULASI KOMPETENSI PENDIDIKAN KEJURUAN MASA DEPAN. Jurnal Pendidikan Medtek " Media Edukasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan", 3 (1). pp. 1-13. ISSN 2085-5508

[img]
Preview
Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Jurnal Pendidikan Medtek Vol. 3 No. April 2011.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review Jurnal Pendidikan Medtek Vol. 3 No. April 2011.pdf

Download (754kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Re-formulasi konfigurasi kompetensi pendidikan kejuruan bertujuan mengkaji lebih dalam tentang model pendidikan kejuruan yang efektif, agar kompetensi yang dihasilkan sekolah kejuruan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Permasalahan pokok yang terjadi saat ini adalah tingginya angak pengangguran terdidik di Indonesia, disebabkan karena adanya kesenjangan antara kompetensi lulusan yang dihasilkan oleh institusi pendidikan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia usaha, dan dunia industri (DU/DI). Selain hal tersebut, ketidaksiapan lulusan institusi pendidikan bersaing untuk memasuki dunia kerja karena pada umumnya tidak mempunyai jiwa enterpreneur. Lulusan pendidikan kejuruan tidak mampu dan tidak berani mengambil resiko, kurang kreatif, kurang motivasi, kurang mandiri dan tidak percaya diri. Ada dua alternatif solusi yang menjadi rekomendasi dalam mempersiapkan generasi muda di era globalisasi saat ini yang siap bersaing memasuki dunia usaha, dan dunia kerja, dan atau mampu mandiri, yaitu (1) Konsep link and match perlu digalakkan kembali agar mempunyai makna sesuai dengan tujuan program dan eksistensi pendidikan kejuruan; (2) Program-program keahlian yang telah terlaksana di SMK selam ini sudah cukup baik, demikian pula keterampilan-keterampilan yang dihasilkan sudah cukup bervariasi, hanya saja lulusan-lulusan SMK tidak mampu menjual keterampila yang telah dipunyainya. Karenanya, reformulasi kompetensi harus mengacu pada bagaimana siswa dapat menjual keterampilannya; (3) Kurikulum pendidikan kejuruan perlu reformulasi atau re-integrasi, yang mengacu kepada pembentukan jiwa enterpreneur anak didik, yaitu kurikulum berasis kewirausaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: re-formulasi, kompetensi, kejuruan, jiwa enterpreneurship
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 06 Jan 2017 11:11
Last Modified: 06 Jan 2017 11:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item View Item