MINAT DAN PERILAKU WIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN YANG MENGIKUTI PRAKTIK BISNIS

Agus, Agus (2020) MINAT DAN PERILAKU WIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN YANG MENGIKUTI PRAKTIK BISNIS. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_Agus_ PENDIDIKAN EKONOMI_FE_UNM - - Copy.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the interests and behavior of class XI students majoring in marketing at SMKN 1 Gowa in the academic year 2020/2021 after participating in the entrepreneurship program. This research approach uses a qualitative descriptive approach. In collecting data, researchers used observation, documentation and in-depth interviews with research subjects. Based on the results of the research conducted by the author, it shows that the interest and behavior that grows in students majoring in marketing at SMKN 1 Gowa include the desire (motive) to feel happy, attention and entrepreneurial motivation, the emergence of student discipline can be seen by the behavior of the participants. students who can manage their time properly, namely managing study time, time to produce products to be sold, and can get to school properly and not late, the emergence of self-confidence and optimism, task and result oriented, leadership spirit, future-oriented. Then the interest of students who have a desire in themselves to maintain their business and will develop in the future and be able to compete with other entrepreneurs. Keywords: Entrepreneurship, Entrepreneurial Interest, Entrepreneurial Behavior. ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan perilaku peserta didik kelas XI jurusan pemasaran di SMKN 1 Gowa tahun ajaran 2020/2021 setelah mengikuti program kewirausahaan. Pendekatan penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptik kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap subyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa minat dan perilaku yang tumbuh dalam diri peserta didik jurusan pemasaran di SMKN 1 Gowa diantaranya adalah dengan adanya keinginan (motif) perasan senang, perhatian dan motivasi berwirausaha, timbulnya sikap disiplin peserta didik dapat dilihat dengan perilaku peserta didik yang dapat mengatur dengan baik waktunya yaitu mengatur waktu belajar, waktu memproduksi produk yang akan dijual, dan dapat sampai kesekolah dengan baik dan tidak terlambat, timbulnya rasa percaya diri dan optimis, berorientasi pada tugas dan hasil, jiwa kepemimpinan, berorientasi pada masa depan. Kemudian minat siswa yang mempunyai keinginan dalam dirinya untuk mempertahankan usahanya dan akan mengembangkan dimasa yang akan datang dan mampu bersaing dengan para wirausaha yang lain. Kata Kunci: Kewirausahaan, Minat Wirausaha, Perilaku Wirausaha.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Nov 2020 04:52
Last Modified: 17 Nov 2020 04:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18466

Actions (login required)

View Item View Item