Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMP MUHAMMADIYAH 6 Makassar.

DAMAYANTI, IRMA (2015) Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMP MUHAMMADIYAH 6 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
IRMA DAMAYANTI, 2015.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK IRMA DAMAYANTI, 2015 Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMP MUHAMMADIYAH 6 Makassar. Skripsi program studi pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dalilul Falihin, S.Ag.,MSi dan Dr. Herman, S.Pd., M.Si) Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan Di SMP Muhammadiyah 6 Makassar. 2) mengetahui faktor-faktor yang menghambat dan mendukung partisipasi masyarakat melalui komite sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Muhammadiyah 6 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomologis. Yaitu dengan sampel penelitian sebanyak 11 orang yang terdiri atas unsur orang tua siswa, tokoh masyarakat, dan guru. Untuk menjaring data dari responden tersebut untuk observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui Komite Sekolah di SMP Muhammadiyah 6 Makassar dilakukan dalam dua bentuk yaitu partisipasi berupa bantuan material maupun non material. Bantuan material berupa perawatan fisik sekolah, pengadaan buku perpustakaan, pengamanan sekolah, dan pengadaan fasilitas pendidikan lainnya. Bantuan non material yakni sebagai perencana jalannya proses pendidikan dan bertanggungjawab atas penyelenggaraan tersebut. 2) faktor yang menghambat dan yang mendukung partisipasi masyarakat melalui komite sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Muhammadiyah 6 Makassar adalah kurangnya pengertian sebagian orang tua siswa tentang sistem pembelajaran sedangkan faktor yang mendukung adalah kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat dan pemberian kesempatan yang luas bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Jan 2017 06:03
Last Modified: 06 Jan 2017 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1844

Actions (login required)

View Item View Item