ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI PADA PERUSAHAAN PENGAKUISISI (Studi Kasus Pada PT Plaza Indonesia Realty, Tbk Tahun Periode 2012-2018)

AMBARWATI, AMBARWATI (2020) ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI PADA PERUSAHAAN PENGAKUISISI (Studi Kasus Pada PT Plaza Indonesia Realty, Tbk Tahun Periode 2012-2018). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Ilmiah Ambarwati.pdf

Download (887kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak dari akuisisi terhadap kinerja keuangan perusahaan pada PT Plaza Indonesia Realty, Tbk. Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan rasio-rasio keuangan, antara lain: rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio profitabilitas, rasio nilai pasar dan rasio solvabilitas. Dimana akuisisi merupakan penggabungan dua perusahaan yang mana perusahaan akusiator membeli sebagian saham perusahaan yang diakuisisi, sehingga pengendalian manajemen perusahaan yang diakuisisi berpindah kepada perusahaan akuisiator. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Sedangkan populasi penelitian ini meliputi laporan keuangan tahunan PT Plaza Indonesia Realty Tbk yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis (perhitungan rasio-rasio keuangan) digunakan uji normalitas kolmogorov-smirnov dan paired sample t-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan kinerja keuangan antara 2 tahun sebelum dan 2 tahun sesudah (2012-2013 dengan 2015-2016) serta antara 2 tahun sebelum dengan 3 dan 4 tahun sesudah (2012-2013 dengan 2017-2018). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengujian hipotesis terhadap rasio-rasio keuangan antara lain: likuiditas, aktivitas, profitabilitas, nilai pasar dan solvabilitas, hanya rasio profitabilitas yang menunjukkan adanya perbedaan kinerja keuangan pada 2 tahun sebelum dan 4 tahun sesudah perusahaan melakukan akuisisi. Adapun rasio solvabilitas menunjukkan perbedaan kinerja keuangan hanya pada 2 tahun sebelum dan 2 tahun sesudah akuisisi dan rasio likuiditas menunjukkan perbedaan pada 2 tahun sebelum dengan 3 dan 4 tahun sesudah akuisisi. Sedangkan, rasio lainnya menunjukkan tidak adanya perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah perusahaan melakukan akuisisi. Kata kunci: Akuisisi, kinerja keuangan, analisis rasio, kolmogorov-smirnov, paired sample t-test.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Nov 2020 06:58
Last Modified: 09 Nov 2020 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18411

Actions (login required)

View Item View Item