Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah

HERMAN, HERMAN and Rusmayadi, Rusmayadi (2018) Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2 (1). pp. 35-43. ISSN 2549-9203

[img] Text
jurnal pembelajar.pdf

Download (545kB)
[img] Text
peer reviewer pengaruh metode proyek terhadap...pdf

Download (248kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/pembelajar

Abstract

Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana kemampuan kognitif anak dikelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan metode proyek? Kemampuan kognitif anak sebelum diberikan perlakuan metode proyek dapat dilihat bahwa anak belum mampu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan. Setelah anak diberikan perlakuan metode proyek anak sudah mampu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangakan sesuatu yang ia kerjakan. 2. Apakah ada pengaruh metode proyek tehadap kemampuan kognitif anak dikelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar? tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kognitif anak dikelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Kegiatan metode proyek yang dilakukan adalah Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri, mengurutkan angka 1-20, menyusun pola balok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen sederhana. Ada dua variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Dengan desain penelitian One GroupPretest-posttest Design. Definisi operasional variabel. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui perencanaan, pemberian pretest, pemberian perlakuan, pemberian posttest dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan perolehan nilai dibandingkan sebelum perlakuan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan perolehan nilai yang dibandingkan sebelum diberikan perlakuan dengan nilai T hitung (136) > T tabel (30) dan Z hitung (3.51) > Z tabel (1,645), dengan demikian bahwa hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode proyek terhadap kemampuan kognitif anak dikelompok B2 TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Kelomok Anak, Metode Proyek
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:32
Last Modified: 19 Oct 2020 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18332

Actions (login required)

View Item View Item