PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DI SMP NEGERI 1 MANGKUTANA KABUPATEN LUWU TIMUR

Anshari, Anshari and Ratmawati, Ratmawati and Gunawan, Irmal (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DI SMP NEGERI 1 MANGKUTANA KABUPATEN LUWU TIMUR. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL IRMAL GUNAWAN 181051401024 (MANAJEMEN PENDIDIKAN).pdf

Download (178kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji peran kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru di SMP Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur yang meliputi: peran kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru, faktor pendukung dan faktor penghambat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan yang menjadi informan adalah kepala sekolah,wakil kepala sekolah, dan guru. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Peran kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru di SMP Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur yang terdiri dari 4 dimensi yakni: (a) kepala sekolah telah menjalankan perannya sebagai manajer di sekolah dengan indikator meliputi: memperhatikan kehadiran guru di sekolah, memperhatikan ketepatan waktu guru dalam mengajar, memperhatikan pembagian tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada guru, memperhatikan cara berpakaian atau penampilan guru di sekolah. (b) kepala sekolah telah menjalankan perannya sebagai pemimpin (leader) di sekolah dengan indikator meliputi: memperhatikan sikap atau perilaku guru dengan 2 sesama warga sekolah, memberikan reward atau penghargaan kepada guru atas prestasi yang diraihnya, memberikan punishment atau sanksi kepada guru atas pelanggaran yang dilakukannya. (c) kepala sekolah telah menjalankan perannya sebagai administrator di sekolah dengan indikator meliputi: memperhatian kelengkapan administrasi atau perangkat pembelajaran guru sebelum guru melaksanakan pembelajaran. (d) kepala sekolah telah menjalankan perannya sebagai penyelia (supervisor) di sekolah dengan indikator meliputi: melakukan supervisi dan melakukan evaluasi atau penilaian. 2) Faktor pendukung peran kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru di SMP Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur yaitu: (a) kerja sama yang baik, (b) fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, (c) adanya contoh atau teladan dari kepala sekolah, dan (d) pemberian motivasi, 3) Fakor penghambat peran kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan guru di SMP Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur yaitu: (a) datang terlambat, (b) kurangnya kesadaran diri akan tanggung jawab, (c) rasa kurang nyaman dalam menegur guru senior, (d) program kerja yang tidak terlaksana, (e) tidak konsisten dalam keputusan, dan (f) kesibukan urusan di dinas pendidikan. Kata kunci : peran kepala sekolah, kedisiplinan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:12
Last Modified: 15 Oct 2020 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18295

Actions (login required)

View Item View Item