IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2013 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PETANI (STUDI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA LANTANG KECAMATAN POL-SEL KABUPATEN TAKALAR)

ADHAYANTI, ADHAYANTI (2020) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2013 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN PETANI (STUDI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA LANTANG KECAMATAN POL-SEL KABUPATEN TAKALAR). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal_Adhayanti,_S.Pd.pdf

Download (779kB)

Abstract

Adhayanti. 2020. Implementasi Undang-undang Nomor 19 Tahun 2013 Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani (Studi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Lantang Kecamatan Pol-Sel Kabupaten Takalar).Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Bapak . Muhammad Akbal dan Imam Suyitno.76 Halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi Undang-undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani Khususnya pasal 42 dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan petani di Desa Lantang Kecamatan Pol-Sel Kabupaten Takalar, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani Khususnya pasal 42 dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan petani di Desa Lantang Kecamatan Pol-Sel Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Implementasi Undang-undang Nomor 19 Tahun 2013 khusunya pasal 42 dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan petani di Desa Lantang Kecamatan Pol-Sel Kabupaten Takalar telah terlaksana, ini terbukti dengan adanya berbagai program pendidikan dan pelatihan petani yang diadakan di desa Lantang, diantaranya Program tani Appalili, Studi Lapang (SL), Studi Kelompok tani, Pelatihan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), dan kunjungan penyuluhan tani tiap dusun. (ii). Faktor pendukung terlaksananya kegiatan pendidikan dan pelatihan petani di Desa Lantang diantaranya faktor dukungan dari pemerintah Kabupaten dan pemerintah desa, dan dukungan dari pihak dinas pertanian Kabupaten Takalar, faktor ketersediaan tenaga penyuluh pertanian yang terdapat ditingkat kabupaten, tingkat kecamatan, dan tingkat desa. Selain itu terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat terlaksananya kegiatan pendidikan dan pelatihan petani diantaranya faktor terbatasnya jumlah tenaga Penyuluh Pertanian setiap desa yakni hanya satu orang sementara beban kerja PPL Desa cukup banyak ,dan masih banyaknya petani yang malas mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan petani yang diadakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:41
Last Modified: 14 Oct 2020 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18291

Actions (login required)

View Item View Item