GAMBARAN HARAPAN CITA-CITA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI

Puspita Dewi, Eva Meizara and Nurdin, Muhammad Nurhidayat (2015) GAMBARAN HARAPAN CITA-CITA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI. Jurnal Psikologi Unsyiah, 3 (6). pp. 1-10. ISSN 2252-6048

[img] Text
GAMBARAN HARAPAN CITA-CITA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Peer Reviw Gambaran Harapan Cita Cita Anak Bekebutuhan....pdf

Download (267kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran harapan kehidupan dan cita-cita yang diinginkan oleh anak berkebutuhan khusus (ABK), serta keyakinan diri dalam mencapainya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sehingga wawancara dan observasi adalah alat utama dalam pengumpulan data. Jumlah subyek adalah empat orang siswa yang bersekolah di SMP 26 Makassar yang merupakan SMP inklusi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat beberapa masalah dalam kehidupan ABK, diantaranya kurangnya kasih sayang dari orangtua dan mendapatkan perilaku negatif dari teman-teman sekolah. Keempat subyek penelitian memiliki cita-cita seperti : dokter, arkeolog, pengacara, pemain sepak bola, dan penyanyi. Dukungan orangtua atau keluarga cukup besar oleh karenanya para subyek dimasukkan dalam sekolah inklusi bukan SLB. Harapan terhadap subyek kelak adalah agar kemampuannya dapat menjadi lebih optimal dan interaksi sosial dengan siswa normal menjadikannya lebih percaya diri dan terinspirasi banyak hal. Para guru di sekolah juga memberikan empati yang tinggi, oleh karenanya siswa ABK merasa diperhatikan dan didukung potensinya sehingga tidak membatasi cita-citanya untuk meraih sesuatu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Harapan, cita-cita, ABK, sekolah inklusi
Subjects: PSIKOLOGI
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 13 Oct 2020 08:58
Last Modified: 13 Oct 2020 08:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18286

Actions (login required)

View Item View Item